7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Ampuh

Tidur merupakan kebutuhan setiap orang untuk mengistirahatkan tubuh yang telah seharian bekerja. Apabila tubuh kurang tidur, tentunya akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai implikasi pada kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Oleh karena pentingnya tidur bagi kesehatan tubuh, tentunya semua orang mengharapkan dapat tidur yang berkualitas. Artinya meskipun tidur hanya sebentar, namun dapat memberikan kesegaran terhadap tubuh. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk tidur, meskipun di siang harinya telah banyak bekerja dan letih.

Sulit tidur dapat disebabkan oleh baerbagai faktor di antaranya adalah pola makan yang salah, stress yang berlebihan, kecemasan dan depresi. Apabila sulit tidur tidak segera diatasi, maka dapat memicu munculnya penyakit-penyakit yang berbahaya.

Cara Mengatasi Susah Tidur

1. Melakukan Olahraga Pagi

Kesulitan tidur dapat diatasi dengan rutin berolahraga pagi, baik itu olahraga berat atau olahraga ringan. Dengan melakukan olahraga tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin ini berperan dalam menghasilkan rasa kebahagiaan pada diri seseorang. Selain itu, dengan melakukan olahraga, tubuh kita juga akan menjadi sehat.

2. Minum Susu Hangat

Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tidur adalah dengan meminum susu hangat. Susu hangat mengandung kalsium yang tinggi yang dapat merangsang produksi hormon melatonin secara alami. Hormon melatonin merupakan hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur seseorang. Selain itu, dengan meminum susu hangat dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

3. Mandi dengan Air Panas

Kesulitan tidur juga dapat dikurangi dengan cara mandi menggunakan air panas. Panas yang dimaksudkan di sini adalah panas kuku, tidak terlalu panas, tapi juga tidak dingin. Dengan mandi menggunakan air hangat akan membantu tubuh merasa rileks dan nyaman.

4. Mematikan Gadget dan Peralatan Elektronik Lainnya

Kesulitan tidur salah satunya adalah disebabkan oleh gangguan gadget dan peralatan elektronik lainnya. tidur membutuhkan awalan untuk merasa nyaman dan tenang. Apabila ada gadget dan peralatan elektronik, hal ini dapat mengganggu awalan tidur kita, sehingga kita akan sulit untuk masuk ke fase tidur. Oleh karena itu, untuk mengurangi sulit tidur, dapat dilakukan dengan menyingkirkan gadget dan peralatan elektronik sebelum kita tidur.

5. Menciptakan Suasana Kamar yang Nyaman

Kondisi kamar juga dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan kita saat menjelang tidur. Apabila kamar berantakan, maka hal ini akan memperbesar kemungkinan kita untuk mengalami kesulitan tidur.

6. Mengurangi Cahaya Berlebih

Intensitas cahaya dalam kamar tidur juga dapat mempengaruhi tidur kita. Menurut suatu penelitian, 40% orang yang mengaku mengalami kesulitan tidur apabila terdapat lampu yang gemerlapan. Bahkan 10% orang memiliki resiko terkena penyakit lebih besar dari pada orang yang tidur dalam keadaan gelap. Oleh karena itu, untuk mengatasi kesulitan tidur dan menjaga kesehatan kita, sebaiknya kita mematikan lampu atau setidaknya mengurangi cahaya pada kamar tidur.

7. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein merupakan zat yang dapat memicu produksi hormon adrenalin. Hormon adrenalin ini dapat memacu jantung untuk bekerja memompa darah lebih cepat. Apabila jantung bekerja lebih cepat, maka tentu saja kita akan mengalami kesulitan untuk tidur. Minuman yang mengandung kafein di antaranya adalah teh dan kopi.

8. Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur. Apabila kita makan sebelum tidur, maka sistem pencernaan akan aktif mencerna makanan, sehingga tidak baik jika digunakan untuk tidur. Apabila hendak makan, lebih baik 60 menit sebelum tidur.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi susah tidur, semoga bermanfaaat.

Leave a Reply