Bahayakah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Anak

Bahayakah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Anak

Saat anda menemukan benjolan kecil pada bagian belakang daun telinga si kecil yang berisi cairan yang kental pasti anda akan merasa khawatir. Anda pasti akan bertanya- tanya apakah ini bisa membesar dan apakah ini berbahaya? Sebenarnya kondisi seperti ini disebabkan karena terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening pada anak. Produksi sel darah putih yang dihasilkan oleh kelenjar getah bening itu sebenarnya bisa melawan mikroorganisme yang bisa membahayakan keadaan tubuh sang buah hati.

Biasanya kelenjar getah bening terjadi pada beberapa bagian seperti leher, ketiak, jantung, lipatan paha dan juga belakang daun telinga. Bila terus dibiarkan tanpa diobati bisa terjadi pembesaran dan dapat menyebabkan kanker getah bening. Jadi jika pembengkakan kelenjar getah bening ini terjadi pada anak bisa jadi masalah yang serius. Sebab terjadi gangguan dalam sistem kekebalan tubuh jadi bila sampai terjadi infeksi bisa makin besar dan bengkak.

Mengatasi Kelenjar Pada Anak

Apabila terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening anak, maka penyakit ini wajib mendapat perhatian dan pengobatan khusus jika terjadi hal seperti di bawah ini:

  • Kelenjar sering bengkak di bagian yang sama
  • Akan terasa keras dan sakit ketika ditekan
  • Membengkak dalam waktu lebih dari 1 minggu dan menjadikan gerakan tubuh akan semakin terbatas
  • Diikuti dengan de,mam dan menggigil
  • Keluar keringat di malam hari
  • Sakit tenggorokan atau sakit saat menelan dan anak kesulitan bernapas

Walau masih dalam tahap awal kanker, tetapi penanganan dan pengobatan kanker getah bening harus segera dilakukan untuk mencegah menyebarnya sel kanker pada organ tubuh lainnya. Penanganan secara medis sangat baik dilakukan, ikuti petunjuk dokter dan jalani proses perawatan jika memang anak haru dirawat segera di rumah sakit.

Adapun untuk pengobatan kanker getah bening bisa dilakukan secara medis ataupun herbal. Pengobatan secara medis tentunya dengan membawa anak terlebih dahulu untuk diperiksa dokter dan mendapatkan pengobatan baik dalam bentuk perawatan ataupun pemberian obat-obatan medis. Sedangkan untuk pengobatan herbal, berikut beberapa jenis obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi kanker getah bening walau sebenarnya pemeriksaan lebih lanjut ke dokter atau rumah sakit tetap harus dilakukan.

Kunyit Putih

Kunyit putih memiliki kandungan zat yang bisa membuat sel-sel kanker tidak mampu untuk melakukan perkembangbiakan sehingga kemampuannya untuk memperbanyak diri tidak bisa dilakukan dan sel-sel kanker akan mati. Zat pada kunyit putih itu bekerja dengan menempel pada semua sel tubuh yang sudah terserang sel kanker.

Sarang semut

Salah satu obat alamiah ini memiliki kandungan flavonoid yang berperan aktif dalam berperang melawan sel-sel kanker. Dua cara yang dilakukan kandungan sarang semut dalam melawan kanker yaitu dengan acara apoptosis (membuat sel kanker bunuh diri) dan anti-proliferasi (pendeteksian dan penghambatan pertumbuhan sel-sel kanker).

Kanker kelenjar getah bening ini juga bisa sembuh dengan sendirinya, jika terdeteksi sejak dini. Tapi bila pembengkakan semakin besar dan belum memperoleh pengobatan serius, maka dikhawatirkan dapat ditemukan bengkaka di bagian lain seperti bagian lipatan paha dan ketiak. Dan itu bisa jauh lebih sulit dalam proses penyembuhannya di kemudian hari.

Anda sebagai orangtua pastinya sangat di anjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan anak anda secara rutin kepada dokter. Hal ini dilakukan guna memastikan tidak terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening pada anak yang semakin membesar. Sehingga penanganan akan segera dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply