Amankah Berhubungan Intim saat Hamil?

Pertanyaan umum yang mungkin sering menjadi tanda Tanya besar anda yang sedang hamil pertama adalah berhubungan intim saat hamil. Iasanya wanita yang sedang hamil akan memiliki gairah seksual yang lebih tinggi dan biasanya wanita hamil juga menjadi lebih menggairahkan untuk suaminya. Lalu apakah aman melakukan hubungan intim saat hamil? Jawaban pertama yang bisa anda dengar tentunya aman.

Aman jika selama kehamilan anda tidak memiliki masalah yang serius. Karena ada beberapa masalah yang mungkinbisa terjadi selama kehamilan yang bisa menyebabkan sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual. Masalah-masalah tersebut diantaranya adalah keputihan berlebih, infeksi atau pendarahan, atau kondisi darah tinggi dan sakit jantung yang diderita oleh ibu hamil.

 

Yang tidak dianjurkan berhubungan intim saat hamil

Menurut sebuah penelitian, berhubungan intim selama hamil tetap aman jika tidak menyakiti janin dalam kandungan. Pada dasarnya janin dalam Rahim anda dilindungi oleh cairan ketuban, oleh karena itu berhubungan intim tidak akan menjadi masalah dalam perkembangan bayi.

Namun beberapa dokter kandungan mungkin akan menyarankan untuk menghindari melakukan hubungan intim saat hamil jika ibu hamil memiliki kondisi sebagai berikut:

  • Sebelumnya pernah mengalami keguguran
  • Ibu hamil mengalami pendarahan selama masa kehamilan
  • Sering merasa kram atau sakit perut saat masa kehamilan
  • Janin dilindungioleh plasenta yang rendah (plasenta pravia)
  • Rahim ibu hamil lemah
  • Hamil kembar atau lebih dari dua

Anda juga biasanya akan dilarang melakukan hubungan intim selama hamil jika pasnagan anda memiliki beberapa riwayat penyakit seperti gonorea, genital, herpes hingga HIV AIDS. Jika tetap berhubungan seksual maka akan mempengaruhi perkembangan janin didalam Rahim.

Atau anda bisa melakukannya denga menggunakan alat kontrasepsi kondom, hal ini dilakukan untuk mencegah penularan dari penyakit menular yang diderita oleh pasangan anda.

Yang harus diperhatikan ketika melakukan hubungan intim saat hamil muda

Beberapa ibu hamil muda akan merasakan rasa tidak nyaman sesaat setelah melakukan hubungan intim, bahkan ada beberapa ibu hamil yang akan merasakan kram pada bagian bawah perut setelah melakukan hubungan intim saat hamil muda. Dan ibu hamil juga akan merasakan sensitive pada payudara dan akan kesakitan ketika disentuh. Oleh karena itu andadan pasangan sebaiknya pekak pada perubahan hormon ibu hamil sehingga hubungan intim tetap aman untuk ibu hamil.

Ketika hubungan intim dilakukan pada kehamilan tua, organsme yang mungkin terjadi pada ibu hamil bisamemicu keluarnya cairan prostaglandin yaitu bahan kimia alami yang diproduksi tubuh untuk mengatur ketegangan otot. Termasuk kontraksi dan reaksi, sehingga bisa memicu kontrasksi pada Rahim.

Cara menikmati hubungan intim ketika hamil adalah dengan menghindari penetrasi yang terlalu kuat dan terlalu dalam, pasangan anda bisa melakukannya dengan cara lembut . anda juga sebaiknya mengatur posisi saat melakukan hubungan intim bersama ibu hamil. Cobalah posisi yang nyaman untuk ibu hamil. Ibu hamil bisa melakukannya dengan posisi miring, atau posisi diatas. Karena wanita akan mampu mengatur kedalaman penis.

Jadi melakukan hubungan intim saat kehamilan terbilang aman, selama tidak ada masalah yang terjadi dalam kehamilan anda. Karena pada dasarnya janin didalam Rahim anda tetap terlindungi oleh cairan ketuban, sehingga berhubungan seksual tidak akan mengganggu perkembangan dari janin yang sedang dalam masa perkembangan. Dan peringatkan pasangan anda mengenai perubahan hormon pada ibu hamil, sehingga pasangan bias lebih berhati-hati.

Leave a Reply