Cara Mendorong Motivasi Kerja Keras Untuk Diri Sendiri

Cara Mendorong Motivasi Kerja Keras Untuk Diri Sendiri

Sebuah kesuksesan atau keberhasilan akan dicapai dengan kerja keras. Hal ini tentunya berlaku baik itu untuk inividu ataupun untuk sebuah organisasi. inilah cara anda untuk motivasi kerja keras diri sendiri agar tujuan anda bisa diraih sesuai dengan harapan. Keberhasilan dan juga keksuksesan anda adalah bayaran dari kerja keras anda selama ini.

Hampir semua orang sukses yang ada di dunia ini berujar bahwa tak ada jalan pintas dalam meraih kesuksesan. Yang menjadi pertanyaan adalah sejauh mana anda dapat melakukan hal yang efektif, kreatif dan juga inovatif. supaya tak banyak energi yang terbuang percuma. Kerja keras atau lebih tepatnya kerja cerdas butuh motivasi diri. Dan sifatnya kerja keras adalah wajib serta kerja cerdas itu adalah perlu.

Cara Membangun Motivasi Kerja

Mereka yang berhasil punya satu rahasia yakni terus memotivasi diri untuk selalu bekerja keras dan ikhlas menerima hasil akhirnya. Namun, motivasi untuk setiap orang itu berbeda-beda. Tapi dari sekian banyak motivasi ada beberapa yang umum diaplikasikan oleh mereka orang-orang sukses:

Keluar dari Zona Nyaman

Jangan cuma mengandalkan kekuatan semangat, namun jadikanlah itu menjadi kebiasaan. Kemampuanmu tak akan pernah berkembang bila kamu tetap berada di zona nyaman. Cobalah untuk keluar, dan jangan biarkan sedikit ketidak nyamanan itu melemahkan motivasi bekerja kerasmu. Kembali pikirkan apa tujuanmu dan mengapa kamu melakukan ini. Tidak peduli apa tujuanmu bekerja keras dalam melakukan sesuatu, kamu harus melampaui ambang batasmu sendiri.

Perjelas Tujuan Anda

Sudah tak diragukan lagi, jika Anda hendak memulai sesuatu maka harus selalu diawali dengan tujuan. Tujuan itu perlu diinterpretasikan dengan jelas, supaya arahan kerja keras Anda berada di jalur yang tepat. Pekerjaan yang tidak ada arah tujuan, hanya akan mubadzir dan sia-sia. Perilaku yang efektif satu diantaranya berguna untuk memperjelas tujuan akhir Anda. Tanpa tujuan yang jelas maka Anda hanya melakukan hal yang sia-sia.

Beri Reward dan Punishment

Buat anda termotivasi dengan reward and punishment. Tidak semua cara untuk mengembangkan motivasi perlu pemikiran yang tinggi. Salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan motivasi adalah reward and punishment. Berikan dirimu sendiri tawaran yang kamu sendiri tidak akan mau menolaknya. Berikanlah insentif yang baik positif maupun negatif. Contohnya jika kamu akan sedang mengerjakan sebuah project , tentukanlah tenggat waktu sendiri dan hadiah yang akan kamu dapatkan plus hukuman jika tidak bisa mematuhi aturan main ini.

Jagalah Kondisi Fisik Anda

Proses merupakan perjalanan pikiran dan waktu. Mungkin berlangsung singkat, namun terkadang harus berjalan hingga bertahun lamanya. Ini mengapa Anda perlu menjaga jasmani agar selalu bugar dan tetap fit. Jasmani adalah pondasi dasar berpikir dengan sehat dan cerdas.

Terkadang masalah dalam bekerja bukan mental, namun kondisi fisik Anda. Mungkin Anda termasuk orang dengan fisik yang tidak cukup mendukung bekerja dalam waktu lama. Atau kondisi fisik yang belum maksimal dapat juga berpengaruh pada motivasi Anda bekerja lebih keras.

Menjaga performa fisik atau jasmani akan sangat menunjang kinerja Anda lebih baik. Memotivasi diri bekerja lebih keras dimulai dengan menjaga tubuh Anda tetap sehat. Dapat dijelaskan bahwa dalam Jasmani yang Sehat akan terdapat Jiwa yang Kuat, Mens Sana in Corpore Sano.

Nah, itulah motivasi kerja keras yang bisa anda bangun dalam diri anda untuk meraih sebuah keberhasilan dan juga kesuksesan.  Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply