Cara Menentukan Target Penjualan Dalam Bisnis Anda

Cara Menentukan Target Penjualan Dalam Bisnis Anda

Saat ini apakah anda berprofesi sebagai sales manager? Direktur sales atau bisnis owner? Lantas, apakah anda juga yang paling menentukan penetapan target penjualan ? Kalau demikian, pasti akan sangat penting untuk anda mengetahui cara menentukan target penjualan. Jika ingin meningkatkan sesuatu, maka sebaiknya tentukan parameternya dan ukur terlebih dulu targetnya dengan jelas.

Menentukan target penjualan memang bukan sebuah hal yang mudah. Banyak dari pemilik usaha yang lebih menghindari penetapkan target penjualan sama sekali. Hal ini menghindari koordinasi kerja yang berantakan. Target penjualan yang kurang jelas memang bisa menyebabkan kerugian dan kesalahpahaman di pihak karyawan dan pemilik bisnis.

Perhatikan Ini Sebelum Menentukan Target Penjualan

Ada beberapa hal yang memiliki peran penting sebelum anda menentukan target penjualan. Diantaranya adalah:

Target yang baik itu yang dapat dicapai dengan melompat

Penting bagi and untuk tahu angka target haruslah pas, terukur, realistis dan dapat dicapai.Sebab jika menentapkan target yang terlalu rendah maka bisa berimplikasi pada kemampuan sales yang menurun. Sebaliknya jika terlalu tinggi akan muncul demotivasi dan hilangnya fighting spirit dan tim sales.

Sejalan dengan prediksi pertumbuhan pasar dan rencana pengembangan bisnis yang akan datang.

Ada beberapa hal penting dan bisa anda jadikan acuan dasar dalam menentukan target penjualan di masa yang akan datang. Seperti prediksi anda tentang pertumbuhan pasar tahun depan. Selain itu juga trend apa yang berpengaruh pada bisnis anda.

Berdasarkan pada unsur pertimbangan realistis.

Ketika sebuah target dirasa dapat dicapai dengan cara mengorbankan potensi resiko yang ada, maka penting sekali untuk sebuah perusahaan selalu melakukan revisi yang dibutuhkan baik dari sisi angka target tersebut maupun kebijakan-kebijakan pendukung lainnya demi mempertahankan stabilitas bisnis yang ada.

Cara Tepat Menentukan Target Penjualan

Buat Rencana Penjualan Sejelas Mungkin

Siapa yang jadi target penjualan, kemana produk akan dipasarkan dan seperti apa pola penjualannya. Jangan remehkan setiap hasil penjualan anda, meskipun kecil. Database pelanggan yang anda butuhkan. Dalam membangun sebuah usaha kecil memang awalnya keuntungan yang diperoleh juga sedikit. Tapi setelah itu, anda dapat menggunakan strategi dengan dua cara dalam meningkatkan keuntungan usaha

Berkreasi dalam Menawarkan Produk

Gunakanlah cara menawarkan produk dengan kreatifitas yang anda punya. dengan cara yang kreatif dan inovatif maka klien akan tertarik menggunakan produk anda. Klien yang merasa puas akan bisa menjadikan anda mencapai target penjualan dengan lebih cepat.

Fokus Pada Target Penjualan

Dengan fokus, maka anda bisa konsisten menjalani rencana mencapai target penjualan tersebut. Menuliskan hal-hal penting selama proses penjualan berlangsung dan juga disiplin dalam pelaporan bisa sangat membantu proses penjualan selanjutnya jika anda menemui hal sama.

Fleksibel

Saat bertemu denga klien baru maka fleksibelkan diri anda. Saat anda mampu beradaptasi dengan cepat maka dengan mudah andapun bisa mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan klien anda. Dengan begitu anda bisa menawarkan produk anda sebagai solusi dari kebutuhan klien tersebut.

Itulah empat cara menentukan target penjualan yang bisa anda lakukan. Setelah kita melakukan cara tersebut, maka selanjutnya tinggal kita iklaskan dan pasrahkan semua hasil usaha kepada sang Pencipta. Selain itu juga dibarengi dengan terus berdoa semoga apa yang sudah di kerjakan akan membuahkan hasil yang maksimal. Jadi tentukan target penjualan anda sekarang juga dan jangan takut gagal.

Leave a Reply