Gerakan Untuk Mempercepat Pembukaan Persalinan

Gerakan Untuk Mempercepat Pembukaan Persalinan

Saat hari kelahiran tiba, maka ibu hamil akan mengalami berbagai macam kontaksi yang disebut sebagai tanda bahwa sebentar lagi dirinya akan melahirkan. Namun ternyata ada sebagian ibu hamil yang sulit untuk membuka jalan lahir. Oleh sebab ituharis dicari solusinya untuk mempercepat pembukaan persalinan. Sebab momen kontraksi jadi sebuah hal yang membahagiatan tapi juga mengkhawatirkan.

bahagia sebab sebentar lagi bayi yang berada dalam kandungan akan segera keluar. Tetapi akan timbuk kekhawatiran bila bumil mengalami kendala salah satunya kesulitan membuka jalan lahir. karena kontraksi bisa membuat bumil merasa sakit, maka umumnya bumil akan mengalihkan rasa sakit itu dengan berbagai cara.

Posisi dan Gerakan Agar Jalan Lahir

Setiap persalinan punya keunikan masing-masing dan pada beberapa kasus ibu hamil perlu untuk Hal terpenting lainnya, gunakanlah metode alami terlebih dahulu. Dengan menggunakan metode alami, serviks akan melebar secara alami. Dibandingkan dengan prosedur medis atau mekanis yang beresiko, dari resiko terkecil sampai resiko yang mengharuskan menjalani perasi caesar. Berikut ini adalah beberapa posisi atau gerakan yang bisa membantu mempercepat jalan lahir terbuka.

Berdiri dengan posisi dua kaki terbuka

Posisi merupakan hal yang mudah dilakukan, akan tetapi bila bumil tidak dapat menyeimbangkan diri maka lakukanlah dengan bersandar ke tembok. Melakukan posisi ini bisa membantu membuat gaya gravitasi pada bumi untuk membantu bumil bisa buka jalan cepat dan janin akan mendekati ke jalan lahir.

Lakukan gerakan bersujud

jika bumil melakukan gerakan seperti ini akan dianggap lebih membantu supaya bumil bisa buka jalan cepat. Jadi gerakan yang satu ini akan membantu dorongan pada bayi untuk keluar dari panggul. Gerakan ini juga bisa untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan pada leher rahim yang sudah mulai membengkak.

Berdiri tegak dengan posisi satu kaki naik ke kursi

Saat bumil melakukan posisi seperti ini akan bisa membantu memperlebar sisi panggul yang mana akan memudahkan janin . berotasi untuk bergerak turun dan agar bumil dapat buka jalan cepat.

Berdiri sambil pegangan

Bumil dapat melakukan posisi semacam ini untuk membantu adanya gaya gravitasi lebih optimal dan membuat janin menjadi satu garis dengan panggul. Cara ini ampuh untuk membantu agar bumil bisa membuka jalan dengan cepat.

Sering Berjalan Kaki

Ketika Bunda sedang dalam masa tunggu persalinan, maka usahakan untuk berjalan kaki sesering mungkin. Kombinasi antara gerakan tubuh dan gravitasi akan membantu bayi turun ke jalan lahir. Disamping itu, tekanan kepala bayi pada bagian serviks bisa untuk membantu dalam mempercepat pembukaan dan juga proses penipisan serviks.

Aktivitas ini juga dapat membantu mendorong kontraksi yang selanjutnya akan membantu proses pembukaan. Jangan pernah berjalan sendiri, mintalah suami atau kerabat untuk menemani selama perjalanan agar lebih aman.

Stimulasi Seks

Orgasme juga akan menyebabkan tubuh melepaskan oksitosin. Hal ini juga akan membantu kontraksi rahim. Selain itu, bahan kimia yang disebut prostaglandin, yang ada dalam air mani, juga membantu pelebaran serviks. Bagi beberapa wanita, hubungan seksual adalah cara alami yang paling efektif untuk melebarkan serviks dengan cepat.

Itulah beberapa gerakan yang dapat dilakukan untuk mempercepat pembukaan persalinan yang alami. Namun jika memang belum maju juga maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan memutuskan seperti apa metode pembukaan persalinan dengan cara medis atau mekanik.

Leave a Reply