Hal Yang Perlu Diketahui Soal Tumbuh Kembang Janin 22 Minggu

Hal Yang Perlu Diketahui Soal Tumbuh Kembang Janin 22 Minggu

Impian setiap wanita adalah menjadi ibu dan ketika mengetahui bahwa dirinya tengah hamil maka pastinya akan sangat bahagia. Sambil menunggu kelahiran sang bayi ke dunia ini, pasti sang ibu merawat kandungannya dengan baik dan mengetahui seperti apa yang terjadi saat kehamilan. Saat masuk usia kehamilan 22 minggu seperti apa janin 22 minggu itu bentuknya dan apa saja yang terjadi selama itu?

Di dalam artikel kali ini kami akan jelaskan seputar janin yang usianya 22 minggu. Anda akan temukan fakta menarik tentang perkembangannya. Setiap detail soal tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan dengan usia 22 minggu ini pasti tak ingin anda lewatkan. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Gerakan Janin Usia 22 Minggu Terasa Kuat

Diusia ini janin sudah memiliki lengan tangan serta kaki yang cukup kuat dan hal inilah yang akan membuat Anda merasakan gerakan yang kuat dari dalam perut. Janin yang berusia 22 minggu baru dapat menggerakkan tubuhnya sehingga ia seperti sedang berlatih dan bereksperimen dengan anggota tubuhnya tersebut didalam rahim Anda.

Pertumbuhan Fisik Janin di Usia 22 Minggu

Perubahan-perubahan pada fisik janin di usia 22 minggu membuatnya tampak seperti sebuah boneka kecil, atau bayi dalam bentuk mini. Selain perubahan yang terjadi pada mata, bibir, bulu mata, kuku, dan alis seperti yang telah disebutkan di atas, tubuh janin 22 minggu tampak ditutupi rambut-rambut halus yang disebut dengan lanugo. Badannya memang masih tampak kurus dan berkulit keriput. Akan tetapi Anda jangan khawatir, beberapa waktu ke depan ia akan segera memiliki lapisan lemak dalam tubuhnya.

Janin Sudah Mulai Bernafas

Selama minggu ke 22 dalam masa kehamilan, janin mulai menghasilkan suatu senyawa yang disebut surfaktan ke dalam cairan ketuban. Senyawa inilah yang nantinya akan memicu janin untuk berlatih bernafas meskipun masih hidup dan tinggal dalam rahim ibunya. Bisa dikatakan bahwa dalam minggu ke 22, bayi Anda tengah berlatih agar nantinya ia bisa bernafas dengan normal saat lahir ke dunia.

Ukuran Janin Usia 22 Minggu

Pada minggu ke-22, janin Anda diperkirakan memiliki panjang 28 sentimeter dari puncak kepala hingga ujung kaki dan berat 450 gram. Kukunya mulai tumbuh di ujung jarinya. Bibir, bulu mata, dan alisnya makin nampak terlihat, bahkan mulai terbentuk tunas gigi di bawah gusinya. Matanya telah terbentuk, akan tetapi iris matanya (bagian dari mata yang salah satu perannya adalah memberikan warna pada mata) masih belum memiliki pigmen. Disamping fisiknya yang makin berkembang semakin jelas, fungsi tubuh, pendengaran dan penglihatannyapun kian kuat.

Apa Yang Dirasakan Ibu Hamil 22 Minggu

Memasuki minggu-minggu ini, Anda akan merasakan kaki mulai membengkak. Jika Anda sering mengalami kram pada otot kaki, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa Anda kekurangan magnesium. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium (seperti bayam, seafood, okra, beras merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian), atau mungkin dokter akan meresepkan suplemen vitamin yang tepat untuk Anda.

Mungkin banyak juga yang memuji bahwa Anda terlihat makin ‘bersinar’ ketika hamil. Hal tersebut ada benarnya. Ketika hamil, sehubungan dengan adanya ekstra hormon estrogen dalam tubuh Anda, kulit Anda akan menjadi lebih lembab dari sebelum Anda hamil. Rambut Anda pun menjadi lebih tebal dan tidak mudah rontok.

Demikianlah penjelasan mengenai tumbuh kembang janin 22 minggu yang bisa anda ketahui serta kondisi yang mungkin anda alami di usia kehamilan 22 minggu ini. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Leave a Reply