Inilah Perbedaan Infaq dan Shadaqah Yang Harus Diketahui

Kita tidak hanya dianjurkan menabung untuk dunia, tapi juga menabung untuk hari akhir. Salah satunya dengan melakukan infaq dan shadaqah. Dua amalan ini sering dianggap sama dan membuat banyak orang bingung. Padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Walaupun maksudnya sama memberikan sesuatu ke orang yang membutuhkan. Hukum kedua amalan ini adalah sunah dan tertulis didalam hadist dan al quran. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas kedua amalan ini.

Pengertian Infaq

Infaq online merupakan mengeluarkan sebagian pendapatan atau harta untuk suatu kepentingan yang sesuai ajaran islam. Misalnya infaq untuk korban bencana alam, infaq untuk fakir miskin, infaq pembangunan masjid dan masih banyak lainnya. berbeda dengan zakat, uang infaq bisa diberikan kepada siapapun. Tidak seperti zakat yang memiliki syarat golongan berhak mendapatkan zakat.

Infaq boleh dikeluarkan oleh siapa saja. entah itu yang berpenghasilan tinggi atau rendah. Walaupun dalam kondisi sempit atau lapang. Kita mengeluarkan infaq untuk hal-hal yang sesuai ajaran islam dan di jalan allah swt,

Pengertian Shadaqah

Shadaqah atau sedekah memiliki pengertian yang lebih luas dibandingkan infaq dan zakat online. Menurut undang-undang republik indonesia no.23 tahun 2011, sedekah merupakan non harta atau harta yang dikeluarkan badan usaha atau seseorang untuk kemaslahatan umum. Harta yang dikeluarkan ini diluar zakat. Sedekah bisa dilakukan kapan pun dan di manapun. Bisa memberikan banyak manfaat bagi yang memberi dan menerima sedekah.

Bahkan ada hadist yang mengatakan, senyuman dengan tulus dan ikhlas bisa disebat sebagai sedekah. Memberi pertolongan orang lain pun bisa disebut sedekah. Jadi sedekah tidak hanya berbentuk harta, tapi juga bisa berbentuk suatu perilaku yang bisa menyenangkan dan meringankan kesusahan orang lain. sedekah tidak mengharap apapun dari allah swt, kita hanya cukup mendapatkan ridhanya.

Perbedaan Antara Infaq dan Sedekah

Dari pengertian diatas, lalu apa saja perbedaan infaq dan sedekah. Perbedaannya bisa dilihat dari batasan yang diberikan. Infaq terbatas dengan pemberian dalam bentuk uang. Sedangkan sedekah memiliki cakupan lebih luas. Karena tidak terbatas seputar harta saja, anda bisa memberikan bantuan lain yang tidak berbentuk harta. Seperti memberikan senyuman tulus, membantu orang yang kesusahan, menyingkirkan batu di jalan dan lainnya.

Salah satu hadist riwayat bukhori, Nabi muhammad saw pernah bersabda “Kullu ma’rufin shodaqogh” artinya setiap perbuatan baik adalah sedekah. Jadi apapun yang kita lakukan, bisa menjadi sedekah. Berbeda dengan infaq, yang hanya terfokus dalam bentuk uang saja.

Anjuran Perbanyak Infaq dan Sedekah

Kita dianjurkan untuk perbanyak melakukan infaq dan sedekah, sebagai tabungan dihari akhir nati. Allah swt berfirman dalam QS ath-thalaq :7

لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ ۖ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ ۚ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا ۚ سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Yang artinya : “Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekadar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS ath-Thalaq [65]: 7)

Ketika kita berinfaq, kita tidak hanya melakukan kebaikan untuk orang lain. tapi juga diri sendiri. karena kita akan mendapatkan banyak manfaat dari berinfaq dan sedekah. Seperti menghapus dosa-dosa, memberi keberkahan harta, pahala berlipat ganda, bisa masuk ke pintu surga khusus orang bersedakah dan berinfaq, hati lebih tenang dan masih banyak lainnya

Apalagi sekarang proses infaq dan sedekah lebih mudah. Karena anda bisa melakukannya secara online. Tidak perlu memberikan langsung ke orang yang membutuhkan. Banyak badan yang memberikan jasa infaq online. Anda bisa menyalurkan dana infaq ke badan infaq online dan mereka akan menyalurkan ke orang yang membutuhkan. Tapi pastikan pilih badan amal yang terpercaya dan berkualitas, karena sekarang banyak badan amal penipu dan tidak bertanggung jawab.

Perbanyak infaq dan dapatkan berbagai manfaat di diri anda. harta anda tidak akan pernah habis, jika rutin berinfaq atau bersedekah.