Waspadai Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sebagian besar masyarakat sudah mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan tubuh. Di dalam setiap kemasan rokok pun juga selalu ada peringatan bahwa merokok bisa mengakibatkan penyakit kanker, jantung, impotensi dan juga menyebabkan kematian. Akan tetapi, karena sifat rokok ini adalah adiktif, maka masih ada banyak perokok yang belum dapat berhenti mengkonsumsi rokok tersebut.

Lantas mengapa bahaya rokok ini perlu kita waspadai? Sebab di dalam rokok sendiri terdapat kandungan zat yang berbahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang berat. Terdapat 7000 zat kimia yang 69 diantaranya di dalam rokok bersifat karsinogenik atau penyebab kanker. Kandungan yang terdapat dalam rokok merupakan beberapa zat berbahaya yang tak layak konsumsi dan dipakai sebagai bahan baku barang lain.

Waspadai Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Inilah Daftar Bahaya Rokok Jika Kita Konsumsi

Rokok sudah sangat dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu penyebab kematian yang sangat besar di dunia. Berbagai macam penelitian sudah membuktikan bahwa ada banyak bahaya yang ditimbulkan dari rokok untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah: infeksi paru- paru, asma, kanker mulut, serangan jantung, kanker paru- paru, stroke, impotensi, demensia dan lain sebagainya.

Yang paling buruk adalah, bahaya rokok ini bukan hanya berlaku untuk mereka yang menjadi perokok saja. Akan tetapi orang lain yang berada di sekitar perokok juga sangat beresiko tinggi terkena efek rokok, meskipun memang mereka tidak merokok.

Kanker Paru

Sudah diketahui bahwa sekitar 90% kanker paru ini disebabkan oleh rokok. Ini karena secara inhalasi, asap rokok masuk ke dalam paru- paru. Zat yang ada dalam asap rokok akan merangsang sel paru menjadi tumbuh secara abnormal. Bisa diperkirakan satu dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat mereka meninggal karena kanker paru.

Impotensi

Untuk laki- laki dengan usia 30-40an tahun, dengan mereka merokok dapat meningkatkan resiko disfungsi ereksi kurang lebih 50%. Ini dikarenakan rokok dapat merusak pembuluh darah, zat nikotin di dalamnya juga bisa mempersempit arteri sehingga bisa mengurangi tekanan darah dan aliran darah ke penis. Bila sudah mengalami impotensi, maka dapat menjadi peringatan diri bahwa sebenarnya rokok sudah berhasil merusak daerah lain yang ada di tubuh kita.

Terjadinya Gangguan Kehamilan

Dengan seseorang merokok, ternyata bisa menyumbat saluran aliran darah yang menjadikan asupan makanan dari ibu ke janin yang ada dalam kandungan menjadi tidak lancar. Proses seperti inlah yang membuat ibu hamil yang menjadi perokok atau yang terpapar asap rokok dari orang lain bisa memiliki resiko mengalami bayi yang lahir cacat, prematur, keguguran atau terjadi kematian janin di dalam rahim, juga bisa menyebabkan kematian bayi mendadak pada bayi yang baru lahir.

Penyakit Stroke

Merokok bisa melemahkan pembuluh darah dan menghambat kinerjanya. Bila ini terjadi terus menerus, maka resiko terkena stroke akan dapat meningkat dan untuk mereka yang tidak punya riwayat stroke sekalipun bisa mengalaminya.

Tips Menghindari Asap Rokok

Jika di rumah suami, anak, atau istri masih merokok, maka bantu mereka untuk segera berhenti. Jadikan rumah bebas dari asap rokok. Minta perokok untuk merokok di luar rumah. Jangan sediakan asbak di dalam rumah. Semoga kita bisa terhindar dari asap rokok dan bahaya rokok dari diri sendiri dan orang lain. Sebab jika tidak, maka bahaya merokok ini bisa merugikan kesehatan kita. Oleh sebab itu, berhati- hatilah dengan bahaya yang ditimbulkan oleh rokok untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply